Universitas Tanjungpura memiliki sejumlah bangunan yang mampu menampung sekitar seribu orang. Gedung POBU, Gedung Anex, Unit Layanan Terpadu (UPT) Bahasa (yang digunakan oleh negara tempat Pojok Learning Center (BCLC) di sudut kiri, bangunan Prancis PTE dll. Ada juga Unit Pelayanan Terpadu perpustakaan yang menampilkan berbagai buku bukan hanya buku berbahasa Indonesia, namun juga buku-buku dari luar seperti dari Jerman dan lainnya.

Banyak kegiatan diluar kuliah formal untuk mencerdaskan sisi mental dan spiritual bangsa yang kuat. Sehingga lulusan untan bukan hanya seseorang yang memiliki kecerdasan secara intelektual saja, tetapi juga dibekali dengan kecerdasan spiritual dan rasa nasionalisme sehingga bisa membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Hingga saat ini, Universitas Tanjungpura adalah Universitas Negeri di Pontianak yang telah berhasil menjadi pusat sains, teknologi, seni dan budaya negara yang mempersiapkan semua mahasiswanya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, memiliki informasi dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani  dan bertanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara. Ini semua terwujud berkat inovasi yang baik para dosen UNTAN. Inilah yang diperlukan untuk mewujudkan kemahiran dalam keterampilan mengajar dan mendukung layanan analisis masyarakat.

Universitas Tanjungpura berkali-kali terdaftar dalam nominasi fakultas terbaik. 1 pada tahun 2016. dilanjutkan pada tahun 2017 untuk mendorong nominasi seratus Universitas Non-Politeknik Terbaik oleh Kementerian analisis dan Pendidikan yang lebih baik (kemenristekdikti) oleh laki-laki dewasa. Nasir. Pak Nasir sama bahwa Untan masuk daftar dalam hal empat aspek penilaian standar Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan siswa, dan karena itu yang terakhir adalah unsur kualitas analisis dan publikasi ilmiah. Tidak salah jika kita mengajak adik-adik lulusan SMA yang akan melanjutkan ke bangku kuliah untuk bersama untan membangun negeri.